Pentingnya Software CRM Untuk Kemajuan Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, Anda sudah pasti tahu seberapa cepat pengalaman pelanggan yang buruk akan memengaruhi bisnis Anda. Serta tahu bagaimana pentingnya memberikan layanan pelanggan yang paling baik agar mereka datang kembali. Namun, banyak perusahaan dari bisnis kecil hingga organisasi perusahaan yang dalam hal ini gagal di dalam memberikan pengalaman layanan pelanggan yang positif. Untungnya dengan memprioritaskan layanan pelanggan, Anda dapat menggaet pelanggan yang setia untuk meminimalkan masalah tersebut. Cara melakukannya tergantung pada Anda.

Tentu saja Anda dapat memberikan layanan pelanggan dengan cara kuno, seperti mencatat pembelian, pertanyaan, masalah, dan permintaan mereka dalam lembar bentang atau kalender, atau tidak menyiapkan apa pun dan berharap Anda sudah memberikan informasi kepada semua orang yang menelepon atau mengirimkan email hari ini.

Namun, dengan software CRM, Anda akan tahu bahwa Anda sudah merespons klien (saat ini, sebelumnya, dan potensial) ketika mereka membutuhkan Anda, menjawab semua pertanyaan mereka, mencatat pengalaman mereka dengan perusahaan, dan selalu memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.

Dengan menggunakan software CRM ini, Anda tidak hanya akan menghemat waktu, tetapi juga dapat membangun dan menjaga hubungan, meningkatkan retensi pelanggan, dan mendapatkan penggemar yang dapat mempromosikan bisnis Anda ke orang lain sehingga perusahaan akan menjadi lebih kuat. Maka dari itu, CRM ini adalah salah satu aplikasi yang memiliki investasi mahal yang belum siap Anda gunakan.

Untungnya, tersedia solusi CRM untuk bisnis kecil yang lebih murah daripada sebagian besar solusi tingkat perusahaan yang mungkin sudah pernah Anda lihat. Meskipun lebih sederhana dibandingkan manajer hubungan perusahaan, produk ini tetap akan membantu Anda dengan menyediakan semua hal yang diperlukan untuk mengelola hubungan dengan klien. Cukup cari tahu apa saja yang Anda butuhkan.

Pemantauan Pelanggan

Perangkat lunak CRM apa pun harus menyediakan cara yang mudah dan efisien untuk mengelola semua hubungan klien. Untuk melakukannya, Anda memerlukan solusi yang tidak hanya memungkinkan Anda menyimpan data terbaru dari riwayat pelanggan, tetapi juga membantu memahami area yang harus difokuskan beserta waktu untuk melakukannya.

Dengan menyediakan informasi pemantauan pelanggan ketika klien mulai tertarik untuk membeli produk atau layanan, CRM dapat membantu Anda memperoleh wawasan dan memberikan penawaran bertarget pada interaksi penting pelanggan sepanjang prosesnya.

Dasbor Manajemen Pelanggan

Dengan dasbor manajemen pelanggan terkelola dari CRM yang memberikan tampilan ringkas tentang semua hal yang perlu Anda ketahui, Anda (dan tim) dapat menghemat waktu, tetap tertata, dan mengelola tugas terkait pelanggan.

Tentu saja, jika ingin mengelola klien secara efektif, Anda juga memerlukan software CRM yang menawarkan dasbor pelanggan individu sehingga Anda dapat memantau mereka dalam saluran penjualan dan melihat semua riwayat komunikasi dengannya. Dengan demikian, terlepas dari manajer hubungan pelanggan mana pun yang bekerja dengan klien, mereka akan memahami situasinya dan dapat memberikan tingkat layanan yang sesuai dan konsisten.

Alat Komunikasi yang Terpadu

Alat manajemen pelanggan tidak seharusnya memaksa Anda mengganti sistem yang ada untuk berkomunikasi dengan klien atau tim internal. Pilihlah solusi yang memungkinkan Anda mengirim pesan, mengatur rapat, dan berbagi kontak secara langsung dari dasbor sehingga Anda dapat bekerja secara lebih efisien. Jika berencana menggunakan dasbor untuk mengirimkan permintaan rapat, carilah solusi yang memungkinkan Anda menyertakan riwayat komunikasi terkait subjek yang sedang dibahas.

Kita mungkin menerima puluhan permintaan rapat setiap minggunya, dan dengan menyertakan pesan berutas tentang topik yang ingin dibahas, peserta dapat memberikan kontribusi yang berguna, memecahkan masalah, dan menjawab pertanyaan yang diperlukan. Selain itu, terlepas rapat bersifat internal atau dengan klien, Anda pun dapat memberikan pengalaman layanan pelanggan yang lebih baik.

Beberapa alasan lainnya menggunakan software CRM adalah aplikasi ini memungkinkan Anda menyediakan layanan pelanggan yang lebih menyeluruh, terencana, dan efisien dari awal hingga akhir. Meskipun terasa sedikit eksklusif atau terlalu perhatian, layanan pelanggan yang baik seperti yang memungkinkan Anda untuk terhubung dengan pelanggan ketika mereka membutuhkan Anda juga dapat benar-benar meningkatkan keuntungan.

Ada beberapa enterpreneur mengatakan bahwa software CRM ini bisa meningkatkan retensi pelanggan hingga 27% dan artikel yang diterbitkan oleh IBM menunjukkan bahwa 47% prospek yang dikelola di dalam sistem CRM akan sangat memiliki keberhasilan yang tinggi. Menggabungkan CRM ke dalam operasi sehari-hari mungkin tampak boros, tetapi fakta-fakta seperti di atas, khususnya bagi bisnis kecil, adalah bukti bahwa CRM dapat membantu Anda bersaing dengan perusahaan yang lebih besar, serta memenangkan hati (dan bisnis) pelanggan yang lebih luas. Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan alasan mengapa pentingnnya dalam bisnis kecil Anda bisa menggunakan software CRM. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

Please follow and like us:
Facebook
LinkedIn
Twitter
RSS
Follow by Email
Arga Dinata
Arga Dinata adalah seorang pengembang perangkat lunak yang telah berpengalaman sejak tahun 2010. Menjadi konsultan di beberapa Eselon I s.d. Eselon III Kementerian dan perusahaan-perusahaan swasta. Terbuka untuk kerjasama ditempatkan sebagai Project Manager, System Architect, Business Analyst, maupun Pengembang Perangkat Lunak & Sistem Informasi. Terbuka juga untuk menjadi pembicara dengan topik seputar Software, Solusi IT, dan Bisnis Software. Silakan kontak saya di 0817-9662-311 atau email arga_dinata@yahoo.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *