Manfaat Email Marketing Untuk Relasi Dengan Pelanggan

Email marketing merupakan salah satu cara yang sangat efektif buat membangun koneksi dengan calon pelanggan Anda dan mengarahkan mereka menjadi pelanggan setia Anda. Namun, sebelum saya memberi Anda panduan lengkap mengenai hal membangun email marketing, Anda perlu diyakinkan terlebih dahulu akan mengapa email marketing perlu dilakukan.

Anda sedang menginginkan barang tertentu misalnya baju, dan ada dua orang yang menawarkan barang yang mirip kepada Anda. Satu adalah kenalan Anda dan yang lainnya adalah orang yang asing, kira-kira, Anda akan melakukan pembelian kepada siapa? Tentu Anda akan merasa lebih percaya dan aman jika melakukan pembelian kepada orang yang sudah Anda kenal. Respon semacam ini sangat alami sebagai hasil dari sebuah hubungan. Jadi, ketika seseorang dihadapkan pada pilihan untuk membeli sesuatu hal pertama yang terpikirkan adalah ‘siapa yang menawarkan?’ Kasusnya akan sama dalam email marketing. Ketika Anda terbuka, membiarkan pelanggan Anda mengetahui, menyukai, dan memercayai Anda, kemudian seiring berjalannya waktu, Anda akan berada pada fase dimana mereka akan lebih loyal terhadap brand Anda. Tapi, untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan mendapatkan hasil terbaik dari email marketing, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami secara lebih dalam terlebih dahulu.

1. Dimana Keberadaan Email

Para pelanggan dapat mengetahui Anda dari berbagai sumber, dapat jadi dari website Anda, atau dari media sosial. Hal ini adalah sesuatu yang bagus, karena seperti yang kita tahu, sosial media sedang booming, dan kebanyakan orang aktif di dalamnya termasuk calon pelanggan Anda. Masalahnya adalah Anda tidak dapat mengontrol siapa saja yang melihat postingan Anda dan kapan mereka melihatnya. Ini adalah alasan yang bagus mengapa Anda tidak boleh hanya mengandalkan sosial media sebagai channel marketing, sebaliknya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai cara untuk mendapatkan email marketing. Ketika Anda sudah mengantongi alamat email mereka, Anda tidak akan kehilangan mereka (kecuali jika mereka unsubscribe).

2. Bagaimana Menarik Subscriber

Untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan mendapatkan hasil terbaik dari email marketing. Mencari subscriber melalui sosial media kedengarannya menarik, tapi bagaimana caranya? Yang pasti Anda harus memiliki form dimana calon subscriber dapat sign up. Anda dapat menempatkannya dalam website. Sangat penting untuk diingat bahwa mereka akan suka rela memberikan alamat email kepada Anda, jika Anda memberikan balasan yang setara seperti diskon, e-book, atau promo khusus.

3. Memperlakukan Subscriber Dengan Spesial

Anda sudah tahu bahwa email sangat berguna, dan Anda sudah mulai memiliki email list. Selanjutnya adalah email seperti apa yang Anda kirim? Yang Anda tahu ketika seseorang menjadi subscriber adalah bahwa mereka tertarik dengan brand Anda, dan tentu Anda tidak ingin menghancurkan hubungan degan membuat mereka unsubscribe karena Anda hanya mengirimkan email promosi produk Anda. Terlalu sering atau bahkan hanya mengirim email promosi akan membuat Anda terlihat tidak memahami mereka sama sekali, dan mereka akan jenuh. Ide yang baik untuk tidak mengirim email promosi apalagi ketika seseorang baru bergabung menjadi subscriber Anda. Anda dapat mengirim email berisi tips khusus yang berhubungan dengan brand Anda. Jadi jangan melulu mengirim email promosi.

4. Membangun Koneksi Yang Kuat

Ketika Anda sudah memahami konten seperti apa yang harus dibuat, kapan newsletter Anda harus dikirim, seiring berjalannya waktu hubungan Anda dengan para pelanggan akan semakin baik dan akan sangat besar kemungkinan pelanggan Anda akan dengan senang hati membeli produk Anda. Keuntungan lainnya untuk Anda adalah kemungkinan bahwa mereka akan menyebarkan bisnis Anda kepada teman ataupun keluarga mereka. Seseorang telah membuat pilihan untuk bergabung menjadi subscriber Anda. Mereka telah memberi Anda alamat email mereka dan yang terpenting, mereka telah setuju untuk memberi perhatian mereka. Perhatian itu dapat terbukti tak ternilai jika Anda memperlakukannya dengan baik. Jadi, jika Anda bekerja keras dalam membangun hubungan ini, pendapatkan pelanggan baru bukanlah perkara yang sulit.

Keuntungan Email Marketing Lainnya

1. Lebih Ekonomis

Dibandingkan dengan beriklan di media sosial atau secara tradisional seperti beriklan di koran, majalah atau televisi, menjalankan kampanye email marketing akan jauh lebih murah. Bahkan Anda dapat sama sekali tak mengeluarkan biaya sedikit pun. Saat ini ada banyak jasa penyedia atau pendukung email marketing yang dapat digunakan secara gratis.

2. Target Tepat Sasaran

Semakin spesifik target marketing Anda, maka semakin baik pula respon dan hasil yang akan didapat. Dalam hal ini salah satu bentuk marketing yang dapat membantu Anda dalam hal ini adalah melalui email marketing.

3. Dapat Terukur dan Mudah Dibuat

Hampir semua hasil digital email marketing dapat terukur, termasuk tentu saja email marketing. Anda dapat melihat dan mengukur keberhasilan email marketing yang dilakukan dengan membaca hasil analisis yang tersedia.

4. Mudah Disebar dan Terintegrasi ke Media Sosial

Kini email blast juga mudah untuk disebar ke lebih banyak orang lainnya. Pelanggan yang menerima email blast dari Anda dapat meneruskannya kepada orang lain yang mungkin saja adalah pelanggan potensial Anda selanjutnya.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Setiap email blast atau email marketing yang Anda buat dan kirim merupakan upaya untuk meningkatkan brand awareness. Anda harus teliti saat merancang isi pesan email blast dengan tim digital marketing untuk menghasilkan konten yang memiliki nilai lebih dan dapat meningkatkan brand awareness.

6. Matrik dan Analitik

Hampir tidak ada batasan dalam merancang email blast yang akan Anda sebar sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masing-masing. Semua elemen yang Anda buat dan masukkan dalam email blast selanjutnya dapat terukur dan dapat Anda nilai sendiri.

7. Personalisasi

Tidak seperti kebanyakan bentuk digital marketing lainnya, Anda dapat mempersonalisasi email blast yang Anda buat. Email blast yang personal memungkinkan Anda untuk dapat berkomunikasi langsung kepada pelanggan sehingga mampu meningkatkan engagement dan penjualan.

Please follow and like us:
Facebook
LinkedIn
Twitter
RSS
Follow by Email
Arga Dinata
Arga Dinata adalah seorang pengembang perangkat lunak yang telah berpengalaman sejak tahun 2010. Menjadi konsultan di beberapa Eselon I s.d. Eselon III Kementerian dan perusahaan-perusahaan swasta. Terbuka untuk kerjasama ditempatkan sebagai Project Manager, System Architect, Business Analyst, maupun Pengembang Perangkat Lunak & Sistem Informasi. Terbuka juga untuk menjadi pembicara dengan topik seputar Software, Solusi IT, dan Bisnis Software. Silakan kontak saya di 0817-9662-311 atau email arga_dinata@yahoo.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *